Jumat, 28 Januari 2011

JUS SIRSAK


Sirsak atau sirsat adalah buah yang cukup mudah kita dapatkan di pasaran. Bentuknya tidak terlalu besar, sedikit berduri dan berwarna hijau menyegarkan. Daging buahnya yang putih memiliki rasa yang unik, manis dan sedikit masam.

Buah dengan rasa yang enak ini menjadi salah satu buah favorit untuk dijadikan minuman jus. Apalagi bila disajikan dengan es, Anda pun pasti menyukai jenis minuman yang satu ini.

Tapi, tahukah Anda tentang khasiat jus sirsak? Jangan salah, minuman yang enak ini juga banyak khasiatnya, lho! Ini tak lepas dari kandungan gizi yang terkandung dalam minuman jus sirsak itu sendiri.

Kandungan Jus Sirsak

Jus yang satu ini selain enak, ternyata mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh. Jus sirsak adalah minuman yang kaya karbohidrat, vitamin C, asam malat, asam sitrat, kalsium, fosfor, fitokimia dan juga banyak mengandung serat/fiber.

Khasiat Jus Sirsak

Mungkin Anda termasuk penggemar jus sirsak, tapi belum tahu banyak tentang khasiat minuman yang satu ini. Apa saja khasiat jus sirsak?

  • Vitamin C yang cukup tinggi pada jus ini sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa mengurangi resiko terkena penyakit seperti flu, demam ataupun sariawan.
  • Meminum jus sirsak secara rutin juga mampu membantu pembentukan tulang yang kuat dan sehat sehingga mengurangi resiko terkena osteoporosis. Hal ini dikarenakan jus sirsak kaya akan mineral kalsium dan fosfor.
  • Tak banyak yang tahu bahwa jus sirsak pun bisa berkhasiat untuk memulihkan penyakit kanker. Hal ini wajar, karena penelitian yang pernah dilakukan oleh Amerika puluhan tahun lalu itu tidak dipublikasikan secara luas.
  • Mengkonsumsi jus sirsak secara rutin ternyata bisa menyembuhkan penyakit liver.
  • Buah sirsak mengandung zat anti bakteri dan jamur. Jadi, bila kita meminum jus sirsak, maka kita bisa terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.
  • Khasiat jus sirsak yang lain adalah mampu melawan cacing parasit dalam tubuh. Para penderita cacingan boleh mencoba merasakan manfaat yang satu ini.
  • Jus sirsak terbukti bisa menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Jika Anda sering merasa depresi atau stres, Anda boleh mencoba untuk rutin mengkonsumsi minuman yang satu ini. Karena jus ini bisa mengurangi rasa stres dan memberi ketenangan. Anda bisa mencoba merasakan khasiat jus sirsak ini secara mudah dan murah.
  • Jus sirsak membantu menjaga keseimbangan jaringan syaraf di tubuh, sehingga tubuh kita akan tetap bekerja normal tanpa gangguan.
  • Kandungan serat yang sangat tinggi pada jus sirsak juga sangat bermanfaat. Fiber yang kita konsumsi dari jus sirsak ini bisa membantu untuk melancarkan proses pencernaan, sehingga kita pun terhindar dari rasa sembelit atau susah buang air besar.
  • Karena jus sirsak memiliki kadar karbohidrat yang tinggi, maka meminum jus sirsak bisa menambah energi pada tubuh kita. Tubuh kita akan selalu segar dan tampak bugar.

Itulah khasiat jus sirsak yang mungkin belum Anda ketahui. Tak ada ruginya bila Anda mengkonsumsi jus sirsak secara rutin. Selain nikmat, jus sirsak juga kaya akan manfaat. Jus sirsak bisa menyegarkan dan menghilangkan dahaga, sekaligus membuat tubuh tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar